Nama : Muhammad, S.Th.I
(Jurusan Tafsir Hadist)
Npm : 12051112056
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan
Dosen Pengampu : Salwa Hanum, M.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : PP Muadalah Darul Munawwarah Kuta Krueng
Mata Pelajara : Tafsir
Kelas/Cawu : Takassus/ I
Tahun : 2012
1.
Standar kompetensi
Ø Mampu memahami dan menghayati kandunghan
Al Qur’an yang berkaitan dengan larangan membuka aurat.
2.
Kompetensi dasar
Ø Sisawa mampu mengidentifikasi
perkara-perkara yang Allah haramkan dalam hal membuka aurat.
3.
Indikator
Ø Membaca Alquran surat An-nur (24):31
Ø Menerjemahkan arti mufradat surat
An-nur (24):31
Ø Menguraikan tafsir An-nur (24):31dengan pemahaman yang benar
Ø Menyimpulkan kandungan surat An-nur (24):31
4.
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjauhi perkara-perkara yang Allah haramkan dalam hal
menutup aurat
5.
Materi Pembelajaran
Ø Surat An-nur (24):31
6.
Metode pembelajaran
Ø
Ceramah
Ø
Tanya jawab
7.
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegitan
Belajar
|
Waktu
|
Keterangan
|
1
2
3
|
Kegiatan Awal :
a.
Appersepsi
Guru mengkondisikan kelas (menurut
keadaan), guru dan siswa mebaca doa sebelum
pembelajaran, dan guru mengabsen siswa.
b.
Motivasi
Membangkitkan semangat anak didik
Kegiatan Inti :
Ø Guru melafazkan
surat
An-nur (24):31 dengan benar.
Ø Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan
oleh guru secara klasikal.
Ø Guru memperhatikan bacaan siswa serta
membetulkan ya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
Ø Guru menerjemahkan surat
An-nur (24):31.
Ø Guru menguraikan tafsir surat
An-nur (24):31.
Ø Untuk menghilangkan kejenuhan guru memberi kesempatan
tanya jawab kepada siswa
Penutup
a. Penguatan
Ø Menayakan sesuatu kepada salah satu murid dan dengan jawaban murid
tersebut guru bisa menberikan motifasi kepada murid yang lain.
b. Penugasan
c. Refleksi
Ø Umpan balik yang guru peroleh dari anak didik ketika memberi
pertanyaan pada waktu pembelajaran akhir.
|
10 menit
25 menit
10 menit.
|
|
8.
Alokasi waktu : 1 jam belajar (1 x 15 menit)
9.
Sumber/media belajar:
a.
Sumber
-
Abd. Cholid, sejarah perkembangan
kitab tafsir IAIN Surabaya 2007
- Nasruddin
Baidan, metodelogi penafsiran alquran, Yokyakarta Pustaka Pelajar offset
-
Tafsir hamka
-
Alquran
b.
Media
-
Papan
-
Spidol
-
Dll
10.
Penilayan
a.
Tulisan
b.
Lisan
LEMBAR OBSERVASI UNTUK PENILAIAN SISWA
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR/ JUMLAH
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
A. Sangat
Baik
B. Baik
C. Cukup
D. Kurang
Aspek yang dinilai meliputi :
1.
Kemampuan membaca Alquran dan memberikan arti
2.
Kemampuan memberikan pertanyaan dan
pendapat
3.
Kemampuan memberikan kritik dan argumen.
4.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan kelancaran berbicara.
5. Kemampuan terhadap penguasaan &
pemahaman materi
Kuta Krueng, 4 Novemberr 2012
Mengetahui,
Kepala PP Muadalah Darul
Munawwarah
Tgk.H. Anwar, S.Pd.I
|
Guru Mapel
Muhammad, S.Th.I
|
Soal:
1.
TTuliskan surat An-nur (24):31 beserta artinya….?
2.
Sebutkan
4 hal yang di kandung dalam surat
Annur(24):31 ….?
Jawaban
1.
"Dan
katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan
pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan
perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan
hendaklah mereka menutupkan khumur (Ind: jilbab)nya ke dadanya"
......
a. Perintah untuk menahan pandangan
dari yang diharamkan oleh Allah
SWT.
b. Perintah untuk menjaga kemaluan
dari perbuatan yang haram.
c. Larangan untuk menampakkan
perhiasan kecuali yang biasa tampak.
d. Perintah untuk menutupkan
khumur ke dada.